Kisah Inspiratif Orang Sukses dan Berhasil dari Nol

Diterbitkan pada tgl 03 Februari 2017 di Kategori Tips Bisnis

kisah-inspiratif-orang-sukses-dan-berhasil-dari-nol

Kisah inspiratif orang sukses dari nol – Tentu saja kita sebagai manusia ingin sekali meraih kesuksesan. Tetapi untuk mencapai kesuksesan tersebut tidaklah mudah seperti yang dipikirkan. Banyak sekali kisah inspiratif orang sukses atau para pengusaha yang mulai dari nol. Mereka harus melewati perjalanan yang panjang dan berliku, bahkan harus berkali-kali mengalami musibah, hingga pada akhirnya dapat meraih kesuksesan. Tentu saja kisah inspiratif orang sukses ini akan menjadi motivasi untuk Anda yang ingin menggapai kesuksesan dalam wirausaha.

Di artikel belajar bisnis kali ini akan membahas beberapa kisah inspiratif orang sukses yang dapat memotivasi Anda agar semakin giat dalam berwirausaha. Berbagai kisah orang sukses yang menginspirasi akan dibagikan disini untuk Anda. Mari kita simak kisah inspiratif orang sukses tersebut di bawah ini.

Inilah kisah inspiratif orang sukses yang dapat memotivasi

Kisah sukses Eka Tjipta Widjaja

kisah inspiratif orang sukses

Kisah nyata pengusaha sukses yang satu ini adalah orang sukses yang selalu berusaha keras walaupun musibah berulang kali menimpa dirinya. kita ketahui Eka Tjipta Widjaja adalah seorang pengusaha indonesia keturunan Tionghoa yang sudah berhasil mencapai titik puncak bisnisnya. Eka Tjipta Widjaya adalah pendiri dan pengendali perusahaan Sinar Mas Group. Dia sempat menjadi orang terkaya di indonesia dengan kekayaan mencapai 8,7 miliar dollar Amerika Serikat pada tahun 2012.

Eka lahir pada tanggal 3 Oktober 1923 dan pada waktu umur 9 tahun, dia tinggal di makassar. Karena pada waktu itu keluarga Eka merupakan keluarga yang miskin, sehingga Eka hanya mampu sekolah sampai SD saja. Setelah lulus sekolah SD, dia ikut bekerja membantu ayahnya dengan berjualan permen, biskuit, dan macam-macam barang lainnya yang ada di toko ayahnya.

Pada suatu waktu, Eka mencoba untuk mencari pemasok kembang gula dan biskuit. Tetapi dengan keadaan Eka yang masih muda, tentu saja sangat kesulitan mendapatkan pemasok barang tersebut. Hingga akhirnya dia mendapatkan pemasok yang mau bekerja sama dengan Eka. Lalu dengan waktu dua bulan, dia mampu menghasilkan laba sebesar 20 rupiah (pada waktu itu harga beras per kilo sekitar 3 – 4 sen). Karena bisnis yang dia kelola berkembang, lalu Eka membeli becak sebagai angkutan barang-barang dagangannya.

Musibah pun akhirnya menimpa dirinya, saat tentara Jepang menjajah negara Indonesia. Usaha yang dia bangun akhirnya bangkrut dan Eka pun menjadi pengangguran. Tetapi tidak berlangsung lama dia menganggur, akhirnya Eka mempunyai ide untuk berjualan makanan di sekitar tentara Jepang. Dengan usaha tersebut Eka mampu melihat situasi dan kondisi untuk mendapatkan peluang bisnis. Karena merasa kurang puas dengan usahanya, Eka mencoba untuk mencari peluang lain dengan menjadi kontraktor pembuat kuburan orang kaya. Kemudian setelah menjadi kontraktor, Eka pun mengembangkan bisnisnya dengan berjualan kopra.

Tetapi lagi-lagi musibah menimpa nya, usaha berjualan kopra yang dia bangun akhirnya bangkrut gara-gara kebijakan jepang tentang harga jual beli. Akhirnya Eka kembali berjualan gula, teng teng, wijen, dan dagangan lainnya yang bisa dia jual. Dengan tekad dan jiwa pengusaha yang ada di dalam dirinya, Eka memantapkan diri untuk membeli perkebunan kelapa sawit, perkebunan teh dan pabrik dengan kapasitas 20 ribu ton teh.

Setelah usaha yang dia kembangkan berhasil, Eka akhirnya mengepakkan sayap bisnisnya dengan membeli Bank Internasional Indonesia dengan aset 13 milyar rupiah. Berjalannya waktu, Eka berhasil mengelola bank yang dia beli hingga mencapai asset 9,2 triliun rupiah. Bahkan masih banyak lagi bisnis yang dia kembangkan sampai sekarang ini hingga membuatnya menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia.

Baca juga tentang pengertian kewirausahaan dan faktor keberhasilan wirausaha

Itulah kisah inspiratif orang sukses yang dapat dipelajari dari pengalaman Eka Tjipta Widjaja. Eka sendiri mengakui bahwa semua keberhasilan yang dia capai, tidak lepas dari dukungan positif dari keluarganya. Dari kisah inspiratif perjalanan bisnis Eka tersebut membuktikan bahwa kerja keras dan keyakinan tidak akan pernah mengkhianati kita.

Kisah sukses Chairul Tanjung

kisah-sukses-pengusaha-dari-nol

Kisah orang sukses yang menginspirasi selanjutnya yaitu Chairul Tanjung atau yang sering disebut sebagai anak singkong. Mungkin bagi Anda, nama beliau memang sudah tidak asing lagi. Beliau adalah salah satu pengusaha yang mempunyai perusahaan-perusahaan yang terkenal di negara kita. Seperti perusahaan terkenal yang dipunyainya saat ini yaitu TRANS TV, TRANS7, TRANS STUDIO (Bandung dan Makassar), BSM ( Bandung Super Mall), Carrefour, Bank Mega, Detikcom, , dan juga masih banyak lagi perusahaan-perusahaan lain yang dia pimpin.

Chairul Tanjung lahir pada tanggal 6 Juni 1962 di Jakarta. Ayahnya yang bernama A.G. Tanjung adalah seorang wartawan surat kabar di jaman orde lama. Chairul Tanjung ini memang terlahir dari keluarga yang berada. Tetapi saat orde baru terbentuk, membuat setiap pemikiran dan tulisan dari ayahnya tersebut selalu bersebrangan dengan pemerintah saat itu. Sehingga menjadikan usaha ayahnya ini dipaksa penguasa pemerintah pada saat itu untuk ditutup.

Karena hal tersebutlah yang membuat orang tuanya terpaksa menjual rumah lalu pindah ke sebuah kamar losmen yang kecil. Walaupun dalam kondisi terpuruk, kedua orang tua beliau sangat tegas sekali dalam mendidik anaknya. Karena pemikiran kedua orang tuanya, pendidikan adalah langkah yang tepat untuk keluar dari jurang kemiskinan.

Pada tahun 1981, Chairul Tanjung lulus dari SMA Boedi Oetomo dan melanjutkan pendidikannya ke Fakultas Kedokteran Gigi di Universitas Indonesia. Karena biaya kuliah semakin tinggi, menjadikan jiwa bisnis Chairul Tanjung muncul untuk mencari cara agar tetap mampu membiayai kuliah. Dia mencoba berusaha membuka usaha fotocopy di kampusnya dan juga berjualan kaos serta buku kuliah stensilan.

Setelah lulus dari kuliah, Chairul Tanjung mencoba membuka usaha toko perlatan medis dan laboratorium. Tapi keberuntungan tidak berpihak pada dirinya saat itu, bisnis yang dia bangun tersebut mengalami kebangkrutan. Chairul Tanjung tetap tidak mau menyerah, dia mencoba lagi untuk membuka usaha di bidang kontrkator yang mengerjakan berbagai proyek industri.

Lalu berjalannya waktu, pada tahun 1987, Chairul Tanjung bekerja sama dengan temannya membangun sebuah perusahaan yang bernama PT. Pariarti Shindutama. Memang pada awal bisnis tersebut dibilang lancar, karena perusahaan tersebut mampu menangani beberapa jenis ekspor. Disaat bisnis tersebut mengalami kemajuan, Chairul Tanjung memilih keluar dari perusahaan tersebut untuk membangun bisnisnya sendiri. Dari keputusan membangun bisnisnya sendiri inilah, awal mulainya karier bisnis Chairul Tanjung mulai menanjak naik.

Setelah beliau mengambil keputusan untuk keluar dari PT. Pariarti Shindutama, Chairul Tanjung mempunyai target membidik tiga bisnis inti yang sangat penting. Ketiga bisnis inti yang dibidik beliau  yaitu keuangan, multi media, dan properti. Dari ketiga bisnis tersebut, dibangunlah perusahaan miliknya yang bernama Para Group. Perusahaan ini memiliki Para Inti Holindo sebagai Father Holding Company yang memang membawahi beberapa sub holding, yakni Para Global Investindo (bisnis keuangan), Para Inti Propertindo (properti), bidang media, dan investasi.

Lalu dalam bidang properti, Para group mempunyai Bandung Super Mall yang menghabiskan modal sekitar hampir 100 milyar. Kemudian di dalam bidang investasi, Para Group pada tanggal 12 Maret 2010 membeli saham Carrefour sebesar 40% melalui perusahaannya yang bernama Trans Corp.

Pada saat tahun 2010 itulah Chairul Tanjung dirilis oleh majalah Forbes sebagai salah satu orang terkaya di dunia yang berasal dari Indonesia. Kemudian Majalah Forbes kembali menulis namanya sebagai orang terkaya no 11 di indonesia dengan kekayaan senilai 2,1 Milyar dollar AS.

Bahkan sampai saat ini, Chairul Tanjung berada di 5 besar dari daftar orang terkaya di negara Indonesia. Pada tanggal 1 desember 2011, Chairul Tanjung resmi merubah perusahaan yang sebelumnya bernama Para Group menjadi CT Corp.

Kisah inspirasi orang sukses Chairul Tanjung ini menunjukkan, dengan keadaan yang berawal dari kekurangan mampu dia balikkan dengan keadaan yang berkelimpahan. Menurut beliau, sebuah bisnis memang sangat memerlukan modal. Tetapi, niat yang kuat dan mau bekerja keras memang hal yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha.

Baca juga tentang karakteristik wirausaha

Lalu menurut beliau, selalu mengembangkan jaringan yang seluas-luasnya memang sangat diperlukan dalam sebuah bisnis. Mempunyai mitra kerja yang baik dan handal adalah segalanya. Bagi beliau, membangun kepercayaan pasar sama berartinya dengan membangun integritas.

Kisah sukses Hartono Bersaudara (Robert Budi dan Michael Hartono)

kisah-perjalanan-orang-sukses

Kisah inspiratif orang sukses selanjutnya adalah pemilik pabrik rokok Djarum yang bernama Hartono Bersaudara. Nama Hartono bersaudara mungkin bagi sebagian masyarakat sudah tidak asing lagi. Kedua Hartono bersaudara tersebut adalah Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono. Mereka berdua adalah kakak dan adik, keduanya adalah anak dari Pendiri Djarum, Oei Wie Gwan.

Tidak disangka, Kisah sukses pengusaha kedua bersaudara ini dimulai dari sebuah kejadian yang buruk. Pada saat itu di tahun 1951, perusahaan rokok kretek kecil yang bernama Djarum Gramophon di beli oleh Oei Wie Gwan. Kemudian, setelah Djarum Gramophon tersebut di beli, Oei mengubah namanya menjadi Djarum. Setelah namanya di ganti Djarum dan dikelola oleh Oei, ternyata membuat usaha tersebut sukses.

Namun naas, pada saat tahun 1963 seluruh usahanya hampir musnah dikarenakan terjadi kebakaran. Kemudian Robert dan kakaknya tersebut menerima warisan pabrik tersebut setelah ayahnya meninggal. Kebakaran yang terjadi, memang  sempat membuat perusahaan tersebut terpuruk.

Tetapi akhirnya Robert bersama kakaknya mampu membangkitkan perusahaan tersebut kembali, setelah sang ayah meninggal tak lama dari kejadian tersebut. Juga dalam pengelolaan mereka, semua peralatan yang ada di pabriknya dimodernisasikan agar mampu memproduksi rokok lebih banyak.

Kemudian di bawah kendali Robert bersaudara, Djarum terus mengalami kemajuan dan mulai mengeskpor produk rokoknya ke luar negeri pada tahun 1972. Lalu Tiga tahun kemudian, Djarum mulai memasarkan produk Djarum Filter. Merek produk pertamanya itulah yang diproduksi dengan menggunakan mesin. Pada tahun 1981, nama produk Djarum Super di perkenalkan kepada masyarakat. Bahkan saat ini, perusahaan Djarum ini sudah mempunyai lebih dari 75.000 karyawan. Tidak hanya dalam bisnis rokok saja, R. Budi Hartono dengan Group Djarum yang dikelolanya pun mengembangkan sayap bisnis ke berbagai sektor. Beberapa bisnis lainnya yang dikembangkan  antara lain agrobisnis, elektronik , perbankan, multimedia, dan properti.

Dibawah bendera Djarum group, di tahun 2007, Budi hartono dan kakaknya berniat melebarkan sayap bisnisnya ke bidang perbankan. Mereka berdua membeli saham PT. Bank Central Asia Tbk (BCA) sebesar 51 persen, sehingga menjadikan keluarga Hartono ini pemegang saham utama. Pada bulan Desember 2011, berdasarkan data Bank Indonesia, nilai aset Bank BCA tersebut lebih dari Rp 380 triliun.

Karena tidak puas dengan pencapaian hasil bisnis tersebut, Hartono bersaudara ini melebarkan sayap bisnisnya lagi ke bidang bisnis properti. Kalau kita ketahui, cukup banyak proyek-proyek yang dikerjakan di bawah kendali CEO Djarum ini, dan proyek yang paling besar adalah mega proyek Grand Indonesia yang dikerjakan di tahun 2004 sampai selesai pada tahun 2008.

Proyek yang dikerjakan di bawah kendali CEO Djarum ini mencakup gedung perkantoran 57 lantai, hotel (renovasi dari Hotel Indonesia), apartemen, dan pusat belanja. Sehingga nilai total investasinya sekitar Rp 1,3 triliun.

Kemudian berkembang lagi sayap bisnis CEO Djarum ini ke sektor Agribisnis. Di sektor ini Robert dan Michael mempunyai perkebunan sawit seluas 65.000 hektar yang berada di Kalimantan Barat dari tahun 2008. Hartono bersaudara, sampai saat ini masih menjadi orang terkaya di Indonesia dari penilaian Forbes, pada tahun 2013.

Kisah inspiratif orang sukses seperti hartono bersaudara ini adalah disaat terjadi sebuah keterpurukan, janganlah dijadikan sebuah alasan untuk berhenti menyerah. Juga dalam kepemimpinan hartono bersaudara ini mampu membuat perusahaan menjadi sebuah mesin yang dapat memberikan penghasilan yang luar biasa. Bahkan jangan pernah berhenti dalam satu bidang saja, tetapi perlu diperluas lagi agar semakin menjadi besar.

Baca juga tentang pengertian entrepreneur

Demikianlah beberapa kisah inspiratif orang sukses yang dapat kita pelajari. Masih banyak sekali wirausaha sukses yang belum sempat di jelaskan disini. Jadikan kisah inspiratif ini menjadi sebuah motivasi, bahwa tidak ada yang tidak mungkin untuk orang yang mau berusaha. Walaupun keadaan saat itu juga dalam keterpurukan. Simak juga ulasan lainnya tentang wirausaha sukses dengan modal kecil yang sudah di jelaskan sebelumnya disini. Semoga kisah inspiratif orang sukses ini dapat bermanfaat untuk Anda yang ingin menjadi pengusaha sukses.

Facebook Comments