Pengertian Entrepreneur , Ciri-Ciri dan Mindset Kesuksesan

Diterbitkan pada tgl 01 Februari 2017 di Kategori Tips Bisnis

pengertian-entreprenuer-dan-ciri-ciri

Pengertian entrepreneur : ciri-ciri dan mindset kesuksesan – Setelah sebelumnya di belajar bisnis membahas tentang kewirausahaan, kali ini akan membahas tentang pengertian entrepreneur dari ciri-ciri sampa cara membangun mindset entrepreneur. Seperti yang kita ketahui, menjadi pekerja kantoran (karyawan) memang cukup nyaman. Karena gaji bulanan yang di dapat akan membuat kita merasa aman dan pastinya lebih sedikit resiko dari kendala keuangan untuk kebutuhan sehari-hari. Tetapi rutinitas yang dilakukan, tentunya pada suatu titik akan membosankan dan kegiatan tersebut harus dilakukan setiap hari. Karena hal tersebut merupakan kewajiban sebagai seorang karyawan.

Lalu bagaimanakah caranya agar kita tidak terjebak dengan zona nyaman seperti pekerja? Tentu saja jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah mulailah untuk mempunyai rencana beralih profesi sebagai entrepreneur. Dengan menjadi entrepreneur pastinya akan mempunyai kehidupan yang sangat berbeda dari seorang pekerja.

Tetapi menjadi entrepreneur tentu saja memiliki tanggung jawab lebih besar daripada tanggung jawab yang seorang pekerja biasa. Sebagai entrepreneur harus menempa mental untuk menjadi orang yang lebih bertanggung jawab, inovatif dan disiplin. Untuk itu di artikel ini akan lebih dalam membahas tentang entrepreneur, mari kita simak hal tentang pengertian entrepreneur dan ciri-cirinya tersebut di bawah ini.

Penjelasan pengertian entrepreneur

pengertian entreprenuer

Sebelum kita membahas lebih jauh, alangkah pentingnya untuk mengetahui lebih jelas tentang pengertian entrepreneur itu sendiri. Menurut wikipedia arti entrepreneur adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha yang dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.”

Jadi seorang entrepreneur itu harus mempunyai kemampuan atau bakat untuk berfikir secara kreatif dan imajinatif, ketika ada sebuah peluang bisnis atau usaha dan bisnis baru. Tetapi, seorang entrepreneur juga harus mampu memberdayakan dirinya untuk kebaikan sekitarnya atau disekelilingnya. Bukan orang yang hanya memanfaatkan lingkungan sekitarnya untuk kepentingan dirinya sendiri.

Ciri-ciri entreprenuer dan cara membangun mindset entrepreneur

Setelah sudah mengerti tentang pengertian entreprenuer, selanjutnya simak beberapa hal dan ciri-ciri entrepreneur yang menjadikannya mampu melakukan tugas sebagai Entrepreneurship.

Mempunyai mimpi besar

Tentu saja ciri seorang entrepreneur harus selalu mempunyai mimpi yang besar. Seorang entrepreneur mulai menjalankan bisnisnya karena adanya motivasi untuk menggapai mimpi yang dimiliki. Mimpi tersebut yang menjadi tujuan dari semua usaha yang dilakukannya. Sehingga seorang entrepreneur dalam mengambil keputusan selalu menyesuaikan dengan mimpi yang dipunyainya tersebut.

Mau Belajar Tanpa Henti

Untuk menjadi entrepreneur sejati tentu saja harus mau untuk melakukan proses pembelajaran seumur hidup. Karena didalam sebuah bisnis memerlukan proses pembelajaran tanpa henti yang dilakukan secara berkesinambungan. Dengan terus Belajar, akan mendapatkan banyak hal yang akan membuat seorang entrepreneur lebih aware terhadap perubahan situasi yang terjadi secara signifikan.

Memiliki cara pandang yang berbeda

Ciri lainnya seorang entrepreneur yaitu selalu memandang segala permasalahan, keadaan lingkungan sekitar, dan perubahan trend, menjadi sebuah ide bisnis dan konsep yang memiliki prospek cukup cerah. Selain itu segala kejadian yang ada di sekitarnya dapat menjadi pembelajaran yang baru untuk masa depan bisnisnya.

Mempunyai visi jangka panjang

ciri-ciri-entreprenuer

Biasanya seorang pekerja hanya fokus kepada sesuatu hal yang bersifat jangka pendek saja. Tetapi menjadi entrepreneur tak hanya mempunyai visi jangka pendek saja, namun juga harus mempunyai visi jangka panjang. Sehingga visi dan misi jangka pendek dan jangka panjang tersebut menjadi langkah-langkah yang tepat selanjutnya yang harus dicapai.

Menjadi penjual yang handal

Ciri-ciri selanjutnya juga harus memiliki bakat dan keahlian dalam menyusun strategi pemasaran bisnis. sehingga dalam membangun bisnis yang dijalani, maka pertumbuhan bisnis tersebut dapat semakin cepat. Perlu diketahui, tanpa adanya skill pemasaran ini, orang yang memulai usaha akan lebih beban lebih berat. Bahkan membutuhkan waktu cukup lama untuk dapat mencapai impiannya.

Menyukai tantangan

Menyenangi tantangan juga menjadi sensasi tersendiri bagi seorang entrepreneur. Seperti yang diketahui, sebagian besar orang lebih memilih untuk selalu bertahan di zona nyaman. Tetapi seorang entrepreneur tidak akan menyukai kegiatan yang selalu monoton. Mereka lebih menyukai memaksimalkan kreativitasnya untuk dijadikan tantangan dalam hidupnya. sehingga tantangan tersebut dapat dirubah menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.

Mampu mengatasi ketakutannya

Disamping menyukai tantangan, mereka juga pandai dalam mengatasi ketakutannya. Karena dengan segala ketakutan yang dihadapi akan menumbuhkan keberanian. Namun keberanian tersebut untuk menghadapi resiko yang terjadi dan juga tetap disertai dengan perhitungan yang sudah matang. Sehingga bukan hanya nekat saja, tetapi juga berani untuk bertanggungjawab dari semua keputusannya.

Mempunyai keyakinan yang kuat

Selanjutnya ciri-ciri Entrepreneur lainnya yaitu memiliki keyakinan bahwa sebenarnya kegagalan itu bagian dari sebuah proses keberhasilan. Bahkan bagi mereka, dibalik rintangan yang besar selalu ada hasil yang besar. Maka dari itu keyakinan yang kuat dalam diri mereka akan membawa jalan kepada hal yang diimpikan. Jadi sikap yang optimis harus selalu melekat pada jiwa entreprenuer. Karena dalam sikap optimis tersebut akan menghancurkan segala rintangan yang besar yang memang harus dihadapi.

Selalu memberikan yang terbaik

Ciri selanjutnya yaitu selalu memberikan yang terbaik, baik dalam segi pelayanan kepada konsumen, kualitas produk yang dijual, memperlakukan kepada bawahannya, dan hal-hal lainnya yang dapat meningkatkan bisnis. Para entrepreneur cenderung perfeksionis dalam mengerjakan segala hal, karena mereka memiliki tujuan mencari cara yang terbaik untuk kelangsungan bisnisnya. Terlebih lagi kepada para konsumennya, sehingga dalam sikap selalu memberikan yang terbaik kepada konsumen, maka akan terjalin hubungan yang baik.

Selalu Disiplin waktu dan pencapaian target

mindset-entreprenuer

Hal kedisiplinan juga merupakan seuatu yang  penting bagi entrepreneur. karena menurut mereka, waktu yang terbuang sia-sia sama halnya melewatkan sebuah peluang yang besar untuk meraih kesuksesan. Setiap target-target yang dibuat akan selalu diusahakan untuk tercapai sesuai jenjang waktu yang direncanakan.

Pantang menyerah

Sikap pantang menyerah juga masuk dalam ciri-ciri seorang entrepreneur. Selalu pantang menyerah dalam setiap hambatan, permasalahan-permasalahan, dan juga hal lainnya yang menekannya untuk berhenti berusaha.

Memiliki kemampuan untuk memimpin

Seorang entrepreneur harus mampu memimpin dirinya sendiri dan juga mampu memimpin karyawan dibawahnya. Dengan mempunyai jiwa pemimpin, maka entreprenuer tersebut mampu memotivasi diri sendiri dalam setiap pengambilan keputusan. Juga di setiap jiwa pemimpin, mampu mengayomi dan dapat menjadi contoh yang baik bagi karyawannya.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian entrepreneur , ciri-ciri dan mindset kesuksesan. Simak ulasan lainnya yang membahas tentang karakteristik wirausaha yang harus terus dibangun yang sudah dijelaskan sebelumnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda yang ingin mengetahui tentang pengertian entrepreneur.

Facebook Comments