Ini Dia, Kisah Pengusaha Makanan Ringan Maicih

Diterbitkan pada tgl 27 November 2016 di Kategori Peluang Bisnis, Tips Bisnis

kisah-pengusaha-bisnis-makanan-ringan

Pada pembahasan belajar bisnis kali ini kita akan membahas bagaimana kisah perjalanan pengusaha makanan ringan yang telah sukses meraup keuntungan yang tinggi. Bahkan menjadikan makanan ringan yang bercita rasa khas kampung tersebut menjadi terkenal di seluruh indonesia. Berawal dari resep seorang nenek yang membuat keripik singkong di hari tertentu, Reza Nurhilman tumbuh menjadi salah satu pengusaha makanan ringan yang telah sukses. Lelaki kelahiran 29 September 1987 ini memberikan kontribusi yang benar-benar luar biasa. Dia menjadikan citra snack kampung “keripik singkong” sebagai salah satu camilan yang paling digemari oleh kalangan bawah hingga ke atas.

Kisah perjalanan pengusaha makanan ringan maicih

pengusaha makanan ringan

Lelaki yang akrab disapa dengan Reza Axl ini membangun merk Maicih dari nol dengan hanya mengandalkan Rp. 15 juta saja. Ia bekerjasama dengan pabrik pedas di Cimahi di pertengahan 2010. Ia hanya memakai jejaring sosial, keliling dan word of mouth saja sebagai media promosi. Tidak disangka, merek yang ia bangun dengan susah payah dalam waktu kurang dari satu tahun saja menjadi ikon camilan khas Bandung.

Di awal tahun 2011, produksi usaha kecil ini diperlebar. Reza membentuk CV 29 Synergi yang kemudian melesat dan diliput oleh berbagai media. Sukses dengan langkah awalnya membangun sebuah perusahaan, akhirnya PT. Maicih Inti Sinergi memisahkan diri lantaran begitu besarnya permintaan pasar. Pencapaiannya dalam memodifikasi kripik singkong ini tidak diakhiri begitu saja. Ia kemudian meluncurkan produk baru seperti Keripik Pedas level 3, level 5 dan level 10. Dilanjutkan lagi dnegan Baso Goreng, Gurilem, Seblak Keju Pedas dan Seblak Pedas Original.

Baca juga tentang 10 jenis usaha kuliner yang paling laku

Yang unik dari pengusaha makanan ringan yang telah sukses adalah cara dia memimpin perusahaan. Layaknya membuat sebuah negara, Reza Axl membuat susunan direksi yang terdiri dai Presiden, Menteri Pangan, Menteri Perhubungan Menteri SDM, Menteri Menkominfo serta Menteri Keuangan. Ia juga mempekerjakan 144 orang yang memiliki jabatan jendral dan terbagi menjadi empat bagian; Jenderal Batch 1, Jenderal Sepuh, Jenderal batch 2 serta Jenderal Batch 3.

Hanya mengusung tagline yang bersi: “For Ichihers, With Love,” Reza Axl berusaha sedekat mungkin dengan para pembeli, reseller dan juga koleganya. Terbukti dengan konsep Jendral yang diminta untuk merambah berbagai kalangan, mulai dari kantor, kampus, sekolah, mall dan masih banyak lagi. Maicih tumbuh menjadi produk yang tak terkalahkan di pasaran.

Kunci sukses

Bagi Reza sendiri, kunci utama dia berhasil membangun sebuah merk dan branding sebuah produk adalah keberanian dia untuk berpikir out of the box. Ia berusaha untuk merangkul para anak muda dan memotivasinya agar menjadi pengusaha makanan ringan yang telah sukses seperti dirinya.

Loyalitasnya terhadap bidang ini ia tunjukan dengan menjadi pembicara di berbagai seminar dan ia juga meluncurkan sebuah buku, “Revolusi Pedas Sang Presiden Maicih”. Bungsu ke-3 dari tiga bersaudara ini benar-benar berterimakasih pada sosok ibu yang membesarkan dirinya hingga seperti sekarang. Dan ia selalu berpesan pada yang muda agar┬áselalu berjuang meraih apa yang diimpikan, kendatipun dalam keadaan ekonomi yang tidak berkecukupan.

Baca juga usaha yang bagus untuk pemula

Demikianlah kisah pengusaha makanan ringan yang sukses dengan membawa rasa khas dari kampungnya ke seluruh indonesia. Semoga cerita ini dapat dijadikan sebagai motivasi untuk Anda yang ingin terjun di bisnis makanan ringan. Semua bisnis bila dijalani dengan fokus dan konsisten tentunya juga dapat menjadikan bisnis tersebut menjadi besar dan berpenghasilan besar. Simak juga kisah sukses ferry membangun traveloka yang sekarang ini mampu menjadi website tiket online yang besar di indonesia.

Facebook Comments