Cara Bisnis Online Makanan Agar Penjualan Melimpah

Diterbitkan pada tgl 02 November 2016 di Kategori Belajar Bisnis Online, Tips Bisnis

cara-memulai-bisnis-online-makanan

Di peluang bisnis online saat ini akan belajar bisnis membahas bagaimana cara memulai bisnis online makanan agar penjualan melimpah. Tidak ada yang menyangkal kalau bisnis kuliner tidak ada habisnya. Bisnis ini dikenal cenderung dinamis dengan berbagai macam variasi dan ide baru. Cara memulai bisnis online makanan tidak melulu soal kreasi makanan yang harus menjadi Andalan usaha, tidak sedikit orang yang memulai bisnis kuliner dengan mengemas makanan yang sudah familiar di telinga dengan cara yang menarik.

Kita ambil contoh Gudeg Kalengan yang sedang tren belakangan. Si pemilik usaha ini bisa dibilang pintar mengambil celah. Karakter kuliner yang lebih beresiko nyatanya tidak berlaku untuk gudeg yang notabene justru semakin bagus. Terlebih lagi, gudeg bukan makanan asing bagi masyarakat Indonesia. Justru dengan pengemasan Gudeg Kalengan ini, masyarakat lebih dimudahkan. Tidak heran bila bisnis ini langsung booming di pasaran. Sejatinya cara memulai bisnis online makanan bukanlah hal yang terlalu sulit, Asal Anda tahu celahnya.

Langkah dan Cara memulai bisnis online makanan agar tidak rugi

bisnis online makananCari ciri khas

Seperti biasa, karakter atau ciri khas sangat ampuh dan mempermudah Anda menaikkan branding image. Kenapa? Karena ketika Anda mengidentikan diri sendiri dengan suatu produk, Anda dengan mudah mampu menguasai pasar. Secara tidak langsung melakukan branding yang tepat akan menambah nilai promosi Anda. Cara yang paling disarankan ketika Anda ingin memulai bisnis makanan online adalah mencari ciri khas. Seperti gudeg tadi, gudeg untuk beberapa orang yang tinggal di luar pulau Jawa sangat sulit didapatkan, dengan mengemas gudeg di dalam kaleng, persoalan konsumen menjadi terpecahkan. Sebisa mungkin, mulailah dari satu masalah dan cari stau produk yang saat ini sering dicari orang namun mereka susah dapatnya.

Ketahui ketahanan kuliner yang dibidik

Ini adalah kunci utamanya. Saat Anda bermain di bisnis kuliner. Makananan menjadi masalah rentan saat rasa dan kualitas berubah. Pastikan untuk melakukan uji coba dulu sebelum memutuskan untuk produksi besar-besaran. Kembali lagi soal gudeg kalengan, makanan jenis ini justru semakin lezat saat sudah lama. Kuncinya, saat makanan di kemas, ketahui kualitas rasa dan penampilannya. Apakah masih bagus seperti Anda pertama kali mmebuatnya?

Imajinasikan rasanya

Bisnis kuliner tidak sama dengan fashion, electronic atau  herbal. Anda perlu mendeskripsikan rasa produknya. Misalnya, gudeg asam manis, atau gudeg rasa barberque dan lain sebagainya. Memberikan label rasa, selain membantu konsumen untuk mengetahui lebih lanjut produk Anda, ini akan membantu konsumen agar lebih penasaran.

Tampilkan komposisi per kemasan

Tidak hanya obat atau mie instan yang harus dicantumkan komposisinya. Tidak harus mendetail pada bumbu dan cara penyajian, karena Anda sedang tidak menjual makanan instan. Cukup cantumkan bahan utama. Misal ayam, nangka muda, kacang polong dan lain sebagainya. Dengan hal ini, konsumen akan paham betul apa yang dijual.

Berikan Gambar yang berkualitas

Pastinya dalam dunia bisnis online, hal yang paling diperhatikan adalah gambar produk. Begitu juga dalam bisnis online makanan, gambar adalah faktor yang terutama dalam mempromosikan produk kepada pembeli. Jangan pernah mengabaikan gambar dalam berpromosi kepada pembeli di dunia online. Tampilkan gambar yang menunjukkan begitu nikmatnya produk yang dijual. Sehingga para pembeli yang melihatnya akan langsung tertarik untuk mencicipinya.

Nah, itulah sederet info dasar yang wajib Anda ketahui. Cara memulai bisnis online makanan ini agaknya memang sedikit ribet pada prosesnya, namun saat Anda tahu celahnya, bukan soal omset atau profit yang Anda dapat, tapi  Anda sudah berhasil menanam investasi untuk masa depan dengan branding yang sudah dibangun.

Facebook Comments